Informasi Kuliah Fashion Design (di Indo dan Taiwan)

Belum banyak pengalaman sih, tapi seru banget!




Zaman yang modern ini, sudah tidak jarang orang mau mengambil jurusan Fashion Design, sebelumnya, perkenalkan aku hanya orang indo keturunan chinese sederhana, dan suka gambar. Terutama gambar manga, jadi mungkin kalau soal proporsi dalam menggambar saya akui memang masih perlu perkembangan. hehe.

Oke, to the point aja. saya akan membagi informasi buat para readers yang tertarik dengan jurusan yang satu ini. saya dulu ketika masih kelas 10 pernah memikirkan beberapa universitas di indonesia yang memiliki jurusan Fashion Design, dan beberapa yang paling terkenal diantaranya:
  • Susan Budiardjo -> Tempat kursus yang sudah melahirkan banyak designer (Sebastian, Biyan, dll) 80 juta/semester, belum termasuk alat dan kain. dapat sertifikat resmi. tapi tidak bergelar seperti S1.
  • Esmod -> punya school sister di Paris, Jepang, dll. juga termasuk kursus. 
  • Raffles College-> Punya cabang di kanada. beberapa program juga punya jurusan fashion dan seni.
  • Lasalle College-> Punya cabang di singapur. cukup terkenal juga dengan makeup dan fashionnya. ada juga gurunya yang juga seorang designer.
  • MKLAV Fashion Education-> Terbentuk dari beberapa designer yang bergabung membentuk kursus fashion. kursus 8 bulan (full)  untuk 47,5juta. bisa juga kalau belajar illustration saja, garment construction saja, atau business and project saja. mungkin ini cara yang lebih singkat. tapi lumayan efektif karena tidak berlama-lama.
Dari beberapa yang saya sudah sebutkan di atas. ada beberapa yang saya tidak terlalu kenal, jadi mohon maaf ya sebelumnya QQ

Dari yang telah saya sebutkan di atas, karena biaya yang cukup mahal, saya tidak jadi memilih dari semua yang tertulis di atas. Jadi, saya memutuskan untuk berkuliah ke Taiwan.

Kenapa saya (dan keluarga) memilih ke Taiwan?

  • kuliah di Taiwan murah. begitu juga untuk jurusan fashion.
  • pengeluaran biaya hidup sama dengan di indo.
  • Saya memang mau kuliah di negara yang ada mandarinnya. hehe.
  • di sana tempatnya aman. semua kompak menaati peraturan. orang tua juga bisa tenang.
  • Semua dosennya merupakan profesor.
Jadi di Taiwan ada 2 universitas yang cukup terkenal yaitu Fu Jen Chatolic University, dan Shih Chien University. FJU terletak di New Taipei City, sedangkan SCU terletak di Taipei dan cabang lainnya di Kaoh Hsiung. Masih ada yang lain seperti Asia University, dan President University untuk jurusan Fashion Design. 

FJU -> dalam 1 department terbagi 3 jurusan, Fashion Business, Textile Design, dan Fashion Design. memang fasilitas agak kurang, tapi soal pendidikan mereka diatas rata-rata. di department ini juga punya toko Fu Jen Fashion yang tiap tahunnya bisa menjual baju-baju (kebanyakan baju hasil buatan sendiri), biaya 24 juta sudah termasuk dorm dan kolam renang (untuk pelajaran olahraga). paling terkenal di jurusan Tekstil Desain nya, karena mereka bahkan punya alat (bahkan alat pabrik) untuk membuat rajutan, ada pula untuk membuat tenunan baik yang otomatis maupun manual.

SCU -> punya 2 jurusan, yang fashion design, atau fashion sales and merchandising. mereka memang lebih terkenal di tahun belakangan, karena bentuk bangunannya yang modern dan model-model pakaian yang sangat kreatif. 

Lanjut ke tahap pembelajaran, selain belajar cara menjahit dan menggambar. dan belajar juga teori-teori lain yang berkaitan dengan tekstil, misalnya praktik lab, dan teori industri tekstil, teori sains tekstil, etc.

Basic Design: pengenalan basic dari cara mendesain sesuatu dan membuatnya sendiri. bisa dibilang seperti desain produk.
dibuat dari kertas yang digulung2,

Pengenalan warna (cat poster)
Pengenalan warna 2. (cat poster)



diorama yang menceritakan pengorbanan Yesus

dengan segitiga, lingkaran, dan kotak,
dapat membentuk suatu motif kain.






















Sketch: 

Hand

Hand

Bottles

Eyes

Lips

Apple

untuk jahitan-jahitannya, saya sudah tidak ada fotonya @@ hehe jadi maaf sekali, tapi saya ada 1 yang spesial, rok buatan saya sendiri (hanya dalam 1 semester) proses pembuatan 3 minggu.

Rok yang dibikin sendiri lho~

Nah mungkin beratnya hidup di luar negeri, lagi-lagi soal kendala bahasa. dan karena bahasa jadi berpengaruh ke teman. tapi karena saya sudah punya basic mandarin yang cukup, jadi saya bisa beradaptasi dan punya teman. 1-2 bulan pertama agak terasa berat karena uang habis cukup banyak, tapi cuma di awal saja kok~ kalau rok, kita di ajarkan berbagai model rok, ada yang rok lurus biasa, A line, box pleated, renda-renda, trumpet, dll tapi yang satu ini nama roknya Harem Skirt, jadi bagian bawah ngembang seperti balon hehe, cuma tidak 100% berbentuk balon.

Yap. seputar itu saja mengenai kuliah fashion 1 semester yang singkat ini. kedepannya mungkin akan posting lagi. Free to ask~


Komentar

Unknown mengatakan…
Boleh minta contact kamu gak? Btw saya mau kuliah ditaiwan jurusan fashion dan mau tanya2 hehe if you're mind to contact me by email jenniesakina@gmail.com or line me jenniesakina thank
Unknown mengatakan…
Boleh minta contact kamu ga? Btw anak tante mau kuliah fashion design


Unknown mengatakan…
If you're mind to contact me by email nmsriutari@gmail.com
Unknown mengatakan…
Halo, aku mau tanya2 kuliah fashion design di Taiwan, is there any way i can contact you? if you don't mine do contact me @belindajocelynng@gmail.com thank you

Unknown mengatakan…
Can i know ur contact sist? I wanna ask u about design fashion n i want to know more, thankyou😊
Unknown mengatakan…
Bisa minta no tlp?ato tlg imel saya di aileen.ho77@gmail.com...terima kasih banyak
ENA mengatakan…
Hai, bolehkan saya minta no tlp kamu? anak tante mau t
anya ttg Shih Chien dan Fu Jen. Bisa hub in saya di email esinaardinoto@gmail.com. Tq
Raquella mengatakan…
Hallo ka, saya mau nanya tentang SCU , blh minta kontak kaka? Atau kalau blh tlng hubungi saya
@raquellajuvabel29@gmail.com
Terima kasih
Unknown mengatakan…
Melati
Hello, thanks tuk postingannya, selama ini bingung nyari2 jurusan FD di taiwan ttp ga tau mana yg ok. Boleh minta email atau WA tuk tanya2? Nih email saya. melatitan@yahoo.com
Thanks
Unknown mengatakan…
Saya mau tanya tentang kuliah yang bahasa pengantarnya Inggris kakak tau? Ini email saya: keziamarilyn@gmail.com
Sherlin Wijaya mengatakan…
Dear para pembaca yang tertarik untuk informasi lebih banyak untuk kuliah fashion di Taiwan, berhubung berbicara melalui komentar blog tidak terlalu efektif, kalau ada pertanyaan, bisa langsung email saya di sherlinwijaya22@gmail.com.

Best Regards,
Sherlin

Postingan Populer