4 Jalur untuk Kuliah Fashion di Taiwan





Bagi kamu yang sudah punya teman kuliah di Taiwan pasti tau cara cari agensinya, kursus mandarin, sampai dengan berhasil masuk ke universitas di Taiwan. 

Tapi gimana kalau kamu gak ada kenalan sama sekali?

Sebelum mencari agen, kamu harus liat dulu apa rekomendasi orang lain. Do your research. kamu mungkin pemula dalam satu hal, tapi kamu bisa jadi orang yg sangat mengerti dalam hal itu, dengan cara cari tau sebanyak-banyaknya informasi.

Meskipun sekolahku dulu ada bahasa mandarin (guruku orang beijing), aku punya teman yang sama-sama mau ke Taiwan, dan punya keluarga yang punya koneksi orang Taiwan.

Tapi ada satu hal yang paling penting, gak ada 1 pun orang yang menjelaskan kuliah fashion di Taiwan. gak ada yang bilang apa universitas butuhkan ketika kita mau apply.
informasi bukan terbatas, hanya saja ini jurusan yang gak populer. Bukan seperti akuntansi, business admin, international business, dll.

Jadi aku malah mengikuti 2 dari 4 jalur yang berikut akan aku bahas.

1. Jalur Personal Application (個人申請)
Ini jalur yang paling gampang, cepet, praktis, , dan murah. kamu mendaftar sendiri secara personal. dalam pikiranmu sudah ada 3 universitas dan jurusan yang kamu inginkan. biasanya di mulai dari bulan Oktober - November, dan akan tau hasilnya di bulan Desember

Prosedurnya gampang, cari kantor JTEK, bilang mau daftar personal application, siapkan data-data sekolahmu, seperti rapot yang sudah dicap/legalisir, Biografi, portofolio, recommendation letter, sertifikat, dan hal2 basic seperti fotokopi ktp, paspor. (btw untuk lebih lengkapnya harus tetap tanya ke JTEK ya, karena pasti ada perubahan dari tahun ke tahun)

 jadilah kamu menuliskan 3 pilihan universitas+jurusan yg kamu mau. Disini kamu bersaing sama orang-orang Jepang, Malay, dan overseas chinese dimanapun mereka berada. 

Untuk Fashion Design, pertama, kamu mungkin belum bisa mandarin, kedua, kamu mungkin belum bisa jahit.

Dulu ketika aku ada di sekolah, aku sudah bisa nulis biografi, tapi aku sama sekali gak ada basic jahit, apalagi portofolio. Ditambah lagi, karena aku pengen banget kuliah di Shih Chien Univ, aku nekat cuma nulis 1 univ itu di personal application.

Alhasil, 7 orang yang mendaftar lewat personal application, cuma aku yang gagal. Iya, memang tekad kuat itu perlu, tapi harus dilengkapi portfolio yang mendukung. 

Basically, di awal kita mendaftar ke JTEK, programnya kita daftar personal application di awal, jika langsung masuk, otomatis kita tidak perlu bayar apapun lagi. univ bakal menghubungi kita, dan kita langsung terbang ke Taiwan untuk sekolah.

Dan karena aku gagal, maka aku lanjut ke Jalur ke dua.

2. Yin Fu Ban (印輔班)
Orang pikir ini jalur untuk orang yang belum bisa mandarin sama sekali, atau bisa sedikit-sedikit. menurut aku, YFB lebih cocok untuk orang yang sudah ada basic tertentu, bisa baca, tulis, dengar, dan berbicara.

Menurutku di YFB itu sumber kebahagiaan yang paling tinggi:
-gak ada beban sekolah, cuma belajar mat, inggris, mandarin. 
-kita di luar negri bersama temen-temen indo. 
-Kita mencoba segala hal baru, 
-mungkin ada yang ketemu orang yang disuka juga. 
-setiap hari dikasih makan enak dan bergizi. 
-malamnya masih bisa keluar ke night market. 
-tinggal di dorm sama temen (dan lebih beruntung lagi kalau sekamar dengan temen
yang asik)
-kakak pembina yg muda dan baik, ada yang Indo dan ada yang Taiwan.
-semua hal tentang hidup di Taiwan, mulai dari account post office, kartu telpon, semua akan dibantu prosedurnya.

Mungkin gak semua di YFB itu bagus, terlebih lagi kamu harus keluar uang yang banyak, dan ada kemungkinan semua daftar pilihan univ dan jurusan kamu, ga ada 1 pun yang lolos, jadi itu sebabnya aku sarankan kalau ikut YFB udah ada basicnya, biar masuk ke jurusan lain pun, gak akan kesulitan banget.

Kalau di dalam 70 pilihan univ dan jurusan ga ada yang lolos, pemerintah akan ngasih kesempatan 1 kali lagi, untuk kita masukin pilihan kita. (biasanya ga ada yang sampai begini sih, tapi lebih baik isi semaksimal mungkin deh), karena kalau gak diisi sefull-fullnya, itu dianggap salah kita, dan kita harus menerima takdir buat pulang indo, atau jalur ke 3 ini.

NB: pada saat itu Shih Chien Univ tidak buka lowongan untuk YFB, kalau pun ada itu Fashion Design di Kaohsiung. dan itu bukan the best of the best. jadi aku memilih FJU.

3. Jalur Qiao Da (僑大)
disini anggap aja sekolah SMA lagi selama 1 tahun, kita belajar semua materi, dari mat,pkn, geografi, dll, terus bisa habis itu ngisi univ dan jurusan lagi. Kalau belum siap, bisa ikut tahun ke dua, khusus untuk belajar bahasanya aja.

Kelebihannya ya kita mandarinnya lebih matang lagi, lebih prepare lagi, yang ngomong aja sama sekali gak bisa, dateng kesini bisa langsung lancar karena pelajarannya seperti SMA lagi. Kekurangannya ya biaya dan waktu yang terbuang. ini kembali lagi sama apa keperluan kalian.

4. Jalur Internasional
Kalau ada jalan yang lebih cepat, praktis, dan mudah, kenapa nggak? ini Jalur untuk kamu yang udah pasti mau ke univ itu, misal NTU, Shih Chien, dll. Kalau lewat Jalur Internasional pasti lebih cepat diterima, karena kamu dianggap orang asing, bukan orang chinese. dan juga biayanya jauh lebih mahal, tapi ya, untuk mendapatkan sesuatu yang the best, pasti ada biaya yang perlu dibayarkan juga.

caranya gampang juga, sama seperti personal application, tinggal isi data-data dan formulir, biografi dan recommendation letter, portofolio dan rapot yang sudah di legalisir.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Kesimpulannya: Kamu harus research, cari tau apa yang terbaik untuk kamu, dan tidak ada 1 jalur yang paling baik, semua ada tujuannya masing-masing. Mungkin jalanmu akan berbeda dengan jalanku, tapi itu bisa jadi adalah jalan terbaik untukmu.



Improve, be all that you can be.

Komentar

Unknown mengatakan…
kak boleh minta kontaknya ngga? buat tanya tanya tentang kuliah fashion di taiwan. makasi sebelumnyaa
Sherlin Wijaya mengatakan…
Hai dear, coba cek ke ig aku: @hsiu.rui ya, kalau nggak punya bisa email ke sherlinwijaya22@gmail.com ☺️
Unknown mengatakan…
Hallo saya mau tanya2 tentang kuliah fashion di taiwan, blh hubungi saya di Instagram @seyuky_3 atau email @rikcyphan5864@gmail.com
Sherlin Wijaya mengatakan…
kalau ada pertanyaan, dm ig aku aja ya kak😊

Postingan Populer