Apa yang dipelajari: kuliah Fashion Design di Taiwan





masih berputar di dunia Fashion Design di Taiwan, yakni FJU, saya sendiri yang saat itu masih tahun pertama, ada masih banyak hal yang ingin saya coba pelajari. Dan jangan salah, kalau kalian berpikir "Fashion Design kan kerjanya cuma jahit", "Fashion Design kan gak perlu belajar, apalagi menghapal pelajaran".

maaf ya,kalian salah. ^^

mungkin hal-hal itu berlaku, jika:
  • Anda cuma mau ambil D2, D3, atau kursus jahit lainnya dalam waktu yang singkat.
  • Anda ingin kuliah di luar negeri yang Bahasa utamanya Bahasa Inggris.
  • Anda ingin kuliah di universitas yang mengutamakan portofolio disbanding proses pembelajaran.

"Tapi kak, aku kan memang mau ambil Fashion Design agar dapat portofolio yang bagus, itu artinya semua yang tidak berhubungan tidak perlu dipelajari dong"


oke, itu berlaku kalau kalian kuliah di kursus seperti Esmod, Bunka Fashion School, dan lain-lain, yang jelas akan mengajarkan HANYA bidang yang kalian mau pelajari. dan kalian akan belajar itu selama berbulan-bulan.

nah bedanya di kuliah adalah, di tahun pertama dan kedua, ada banyak pelajaran yang harus di ambil, tanpa persetujuan kalian, anggapannya ini adalah basic, untuk kalian bisa mengerjakan tugas-tugas yang lain kedepannya. seperti yang saya sudah pernah jelaskan di blog sebelumnya tentang apa yang saya pelajari di tahun pertama di Taiwan (cek disini), ada juga pelajaran tambahan seperti general knowledge, English and third language, Chinese Language, PE, dll. 

---------------------------------


ini rapot saya di tahun pertama, 105 artinya tahun cina tahun 105, tahun aslinya 2016, dan angka 1 di belakang menunjukan semester 1 atau semester 2. tahun pertama hampir setiap hari jadwal penuh dengan required course atau 必修, angka 1, 2, dan 3 menunjukan jumlah kredit, dan 00,01, 02, menunjukan berapa semester kita mengambil pelajaran itu. 

dari tahun pertama 1051 saya sudah mengambil:
  • Digital Drawing, belajar menggunakan Photoshop, Illustrator
  • Basic Design (yang jelas semacam desain produk tapi ke arah fashion ya)
  • Fashion Drawing (seperti gambar tangan, kaki, wajah, dll)
  • Fashion Basic and Exercise I (belajar menggambar pattern, dan menjahit rok di semester 1, dan celana di semester 2)
  • Textile Science I (belajar tentang bahan-bahan kimia dari tekstil)
  • Textile Science and Laboratorium (masih tentang bahan kimia tekstil tapi harus disertai praktikum laboratorium)
  • Fashion Business and Industry (disini kita belajar hal-hal paling basic mengenai bisnis di dunia Fashion, termasuk pekerjaan, hubungan antar industri, dll)
  • Pelajaran PE yang saya ambil saat itu health fitness, tidak ada kredit SKS, tapi masuk nilai.
  • bahasa inggris sebagai pelajaran wajib, dan akan di tes ketika pertama masuk univ, kebetulan orang Indo lebih bagus inggrisnya ya, jadi saya masuk kelas Advance, kalau kalian sudah punya TOEFL boleh didaftarkan biar tidak perlu lagi belajar inggris, malah boleh ambil kelas third language, lho..~
  • Introduction to Universities Studies, ga terlalu penting sih, karena intinya cuma mengajarkan kita visi misi sekolah, sejarah sekolah.
  • Wajib Militer, karena kita sebagai orang luar negri, ataupun Overseas Chinese, kita tidak perlu mengikuti kelas wajib militer.
nb: seharusnya ada kelas mandarin tapi kelasnya padat, jadi saya ambil ketika tahun ke-2.

lalu tahun kedua 1052 saya mengambil semua kelas dari 1051 dan tambahan:
  • 2 kelas general knowledge yaitu: Applied English - Full English, dan Story of Formosa - Full English

“Kak, katanya ada kelas berenang yang harus dibayar juga, ada dimana?”

yup, memang kita harus bayar untuk biaya kolam renang, entah kita bisa berenang atau tidak, mau berenang atau tidak, itu harus. jadi pelajaran olahraga itu diwajibkan 4 semester, setiap semester boleh ganti jenis pelajaran olahraga apapun yang kita mau, dan ada 1 bulan gurunya akan mengajarkan kita untuk belajar renang.

kelasnya memang padat di tahun pertama, tapi lama-lama akan semakin dikit pelajaran yang perlu kita ambil.~

sekilas untuk pelajaran yang saya ambil tahun pertama, sebagai lanjutan dari blog sebelumnya, nanti saya update lagi untuk pelajaran tahun ke-2, ya~ 

thanks for reading!

Follow me on Social Media
Instagram @hsiu.rui

Komentar

Tjokro @surabaya mengatakan…
thanks for sharing info. Anak saya juga rencana mau masuk fashion design Fju pada Fall season 2022. Klo dia ada ada pertanyaan, mungkin akan tanya anda. salam

Postingan Populer